Flag Counter

Friday, December 21, 2012

UPS Terbakar, Radar Bandara Soekarno-Hatta Terganggu

TANGERANG - Akibat UPS mengalami gangguan, pasokan listrik ke radar Bandara Soekarno-Hatta padam. Akibatkan sempat terjadi hambatan dalam operasional penerbangan dari Bandara Internasional ini.

"Tadi padamnya sekitar pukul 16.55 WIB, tapi saat ini sudah normal. Sehingga memang sempat ada gangguan radar karena tak adanya suplay listrik," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) II, Trisno Heryadi, saat dihubungi Okezone, Minggu (16/12/2012).

Trisno mengatakan, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan padamnya listrik, seperti koslet ataupun langsung gangguan PLN. "Info yang kami terima UPS Konslet, tapi sudah normal kok," tegasnya.

Dihubungi terpisah, GM ATS Bandara Soekarno Hatta, Budi Hendro mengatakan, padamnya listrik dan mengganggu radar yang terjadi di Bandara Internasional ini hanya terjadi selama 15 menit.

"UPS terbakar sehingga mengganggu suplay listrik ke radar. Tapi ini hanya terjadi 15 menit terputus, memang sempat ada gangguan pelayanan tapi sekarang sudah normal beroperasi," kata Budi.

Gangguan, kata dia, dapat teratasi dengan sistem manual yang dimiliki, sehingga padamnya listrik padat diantisipasi. "Sudah bisa beroperasi, walaupun dengan separasi yang sedikit lebih lama dari biasanya. Normalnya tadi pukul 18.05," tegasnya kembali.

Saat ditanya berapa banyak penerbangan yang terganggu selama 15 menit radar mati, Budi belum dapat memberikan data secara detail. "Saat ini kami masih berupaya menormalkan semuanya, data lengkap berapa banyak penerbangan yang terganggu saat ini masih diinventarisir," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment