Flag Counter

Thursday, July 25, 2013

Kualanamu dan Soekarno-Hatta, Segelintir Bandara yang Bukan Milik Militer

http://images.detik.com/content/2013/07/24/4/kualanamu3203.jpgilustrasi Bandara Kuala Namu
Jakarta - Beroperasinya Bandara Kualanamu, di Deli Serdang, Sumatera tak hanya sebagai simbol hadirnya bandara megah berkelas internasional di Sumatera. Kehadiran Bandara Kualanamu juga sebagai tanda bahwa mulai dibangunnya lapangan terbang khusus sipil atau komersial di Indonesia.

Kepala Humas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S. Ervan mengatakan banyak bandara komersial yang beroperasi di Indonesia selama ini milik militer atau dikerjasamakan dengan TNI AU.

"Dulunya sekali hampir kebanyakan bandara-bandara di Indonesia merupakan lapangan terbang militer," kata Bambang kepada detikFinance, Rabu (24/7/2013)

Menurut catatannya, bandara khusus yang sengaja dibuat untuk sipil atau komersial antaralaian Bandara Soekarno-Hatta. Bahkan bandara internasional di Tangerang Banten ini disebut-sebut sebagai yang pertama dibangun untuk sipil. Selain Soekarno-Hatta, yang terbaru adalah Bandara Kualanamu di Deli Serdang.

"Hampir semuanya militer seperti di Jogja (Bandara Adisucipto), Semarang (Ahmad Yani), Solo (Bandara Adisumarmo), Surabaya (Bandara Juanda), Bandung juga bekas militer (Bandara Husein Sastranegara), Malang itu militer juga (Bandara Abdul Rahman Saleh)," kata Bambang.

Seperti diketahui tepat Pukul 00.00 WIB malam ini, Bandara Polonia, Medan Sumatera Utara tak lagi melayani penerbangan komersial pasca beroperasinya Bandara Kuala Namu, di Deli Serdang pada 25 Juli 2013.


detik.com

No comments:

Post a Comment