Flag Counter

Friday, December 21, 2012

Menhub Benarkan Pesawat Lion Nyaris Saling Senggol di Udara

JAKARTA - Menteri Perhubungan EE Mangindaan membenarkan matinya radar Bandara Soekarno Hatta hampir terjadi tabrakan pesawat antara Lion Air dengan Lion Air.

"Iya, 15 menit terhenti operasional radar, kemudian listrik mati. Itu yang membuat selama 15 menit itu tidak terkendali. (Yang senggolan) Itu memang Lion dengan Lion," ujar Mandindaan usai menghadiri Peringatan Hari Ibu di UKM Gallery Selasa (18/12/2012)

Melihat kondisi demikian, lanjut Mangindaan, pihaknya tak memberangkatkan atau menghentikan sementara penerbangan. Dan sistem radar dikembalikan ke manuali.

"Lalu kita coba yang mau berangkat itu semua dihentikan dulu. Dipindahkan ke manual baru bisa jalan, dan itu hanya 15 menit. Jadi betul hampir senggol antara Lion dengan Lion," tuturnya.

Saat dikonfirmasi apakah PT Angkasa Pura akan dilakukan evaluasi atas terjadinya peristiwa tersebut? Mangindaan mengatakan yang menjadi persoalan adalah listrik yang naik turun.

"Bukan itu masalahnya. Masalahnya itu naik turunya listrik. Kalau saya lebih ke bagaimana caranya agar listrik tidak turun, dengan energi yang bisa tahan, misalnya dengan tenaga suryalah atau yang lain," katanya.

Apakah 2013 bisa dijamin tidak terulang peristiwa yang sama? Mangindaan memastikan tak akan terjadi jika pasokan listrik aman.

"Insya Allah, karena kita sudah antisipasi listrik itu agar tidak naik turun," tutupnya.

No comments:

Post a Comment