Flag Counter

Tuesday, November 27, 2012

Cuma Dua Maskapai di Dunia yang Pakai Sukhoi SSJ 100

Jakarta - Pesawat anyar pabrikan Rusia, Sukhoi Superjet 100 (SSJ 100) baru saja mencatatkan sejarah kelamnya di Indonesia. Dalam penerbangan promosinya, salah satu pesawat yang tengah diuji coba dinyatakan hilang.

Belakangan diketahui serpihan pesawat SSJ 100 baru saja diketemukan Tim SAR di Lereng Gunung Salak, Bogor.

SSJ 100 hingga saat ini baru digunakan oleh dua maskapai penerbangan sipil yakni maskapai Rusia Aeroflot dan maskapai Armenia Armavia.

Seperti dikutip detikFinance dari situs resmi Aeroloft Russian Airlines, Kamis (10/5/2012) maskapai asli Rusia ini resmi membeli SSJ 100 pada Juni 2011. Aeroloft memesan 30 SSJ 100 dan tambahan 10 lagi. Namun hingga saat ini, Aeroloft baru menerima 7 unit pesawat SSJ 100.

Sedangkan perusahaan penerbangan Armavia dari negara Armenia menjadi maskapai yang menggunakan SSJ 100 untuk pertama kalinya. Pesawat itu akhirnya dinamakan Yuri Gagarin yang diambil dari seorang nama astronot. Armavia hingga kini masih menggunakan pesawat tersebut dalam operasionalnya.

SSJ 100 adalah pesawat jarak jauh dengan kemampuan regional di mana berkapasitas kurang lebih 100 penumpang. SSJ 100 dikembangkan sekaligus didesain serta diproduksi Sukhoi Civil Aircraft Company (SCAC) yang bekerjasama dengan Alinea Aeronautica.

Sukhoi Civil Aircraft Company merupakan anak usaha dari United Aviation Corporation yang memproduksi pesawat sipil.

Siapa yang tak kenal Sukhoi? Unit militernya Sukhoi sudah sangat terkenal dengan pesawat tempur yang memiliki kemampuan bermanuvernya. RI sendiri telah memiliki beberapa pesawat tempur produksi Sukhoi.

Bagaimana rekam jejak pesawat penumpang? Ya melalui pesawat SSJ 100 inilah pabrikan Rusia itu berharap banyak. SSJ 100 telah berhasil menjalani penerbangan perdananya pada Mei 2008. Pesawat ini mempunyai kemampuan kecepatan terbang maksimum 0.81 kecepatan suara (Mach 0.81) dan mencapai ketinggian 40.000 feet.

No comments:

Post a Comment