Flag Counter

Tuesday, November 27, 2012

Akhir 2012, Seluruh Maskapai Domestik Gabungkan Airport Tax & Tiket

Jakarta - PT Angkasa Pura I akan mengatur penggabungan airpot tax (passanger service charge) dengan tiket pesawat secara bertahap. Akhir tahun 2012, direncanakan semua maskapai besar tanah air telah menerapkan sistem terpadu tersebut.

"Itu akan diterapkan untuk semua maskapai dan akan teruskan sampai semua maskapai. Itu untuk maskapai domestik terlebih dahulu, itu untuk maskapai yang besar dulu. Mudah-mudahan akhir tahun sudah selesai," ungkap Dirut Angkasa Pura I, Tommy Soetomo kepada detikFinance, Jumat (24/8/2012).

Tommy menjelaskan, penerapan tahap awal akan dijalankan oleh maskapai Garuda Indonesia per 1 September 2012. Namun, Garuda juga akan menerapkan secara bertahap kepada penumpangnya karena terdapat perbedaan antara waktu pemesanan sebelum penerapan dan waktu pemberangkatan pesawat setelah sistem terpadu ini diterapkan.

"Itu akan kita lakukan bertahap untuk tiket Garuda. Karena tiket Garuda yang beredar itu beragam, ada dijual di dalam dan luar negeri. Misal orang Jepang ke Singupura terus ke Bali pakai Garuda kan pesannya itu sudah jauh-jauh hari, sehingga penerapan itu dilakukan bertahap," sambungnya.

Selain Garuda, Tommy mengatakan maskapai penerbangan tanah air seperti Lion Air siap mengikuti jejak Garuda.

"Lion sudah siap, baru bicara dengan Lion," imbuhnya.

No comments:

Post a Comment