Flag Counter

Sunday, December 4, 2011

Order Terbesar Boeing dari Indonesia

Maskapai penerbangan Indonesia Lion Air ingin membeli 230 pesawat terbang Boeing 737. Order bernilai 21,7 milar dolar adalah order terbesar dalam sejarah perusahaan Amerika tersebut. Demikian tulis harian sore Belanda, NRC Handelsblad.

Lion Air kemungkinan bisa menerima potongan harga melihat besarnya pesanan. Maskapai ini juga memperoleh opsi membeli 150 unit pesawat tambahan senilai 14 milar dolar. Dengan demikian, total kesepakatan akan mencapai 35 miliar dolar.

Armada Lion Air

Armada Lion Air seluruhnya adalah pesawat Boeing. Maskapai penerbangan tersebut terbang ke 60 bandara tujuan, termasuk 55 di dalam negeri dan lima di luar negeri. Lion Air juga menyatakan ingin membeli 201 Boeing 737 Max, lengkap dengan mesin baru yang lebih hemat energi ketimbang generasi 737 yang sekarang.
Lion Air selanjutnya juga berencana memesan 29 Boeing 737 yang bisa menempuh jarak jauh. Sebagai ilustrasi: armada maskapai penerbangan Belanda KLM terdiri dari 113 pesawat terbang (11 sedang dipesan).
Kesepakatan antara maskapai penerbangan Indonesia dengan Boeing disampaikan oleh Gedung Putih.

Obama

Presiden Barack Obama pekan lalu mengunjungi Indonesia, negara di mana ia pernah menjalani masa kecilnya. Melalui kesepakatan ekspor besar di Asia, Obama ingin mengurangi tingkat pengangguran Amerika dan mencegah ancaman resesi.

Kesepakatan Boeing/Lion Air bisa menghasilkan 110.000 lowongan kerja baru.
Boeing berharap bisa mengirim pesawatnya mulai tahun 2017. Kontrak masih harus ditandatangani.

No comments:

Post a Comment