Flag Counter

Wednesday, April 24, 2013

Juli, Soft Opening Kualanamu

MEDAN- Uji coba atau soft operation Bandara Kualanamu rencananya akan dilakukan Juli 2013 mendatang. Sebab, tinggal sedikit lagi sisa pembangunan yang belum diselesaikan. Konstruksi sudah mencapai 95 persen. Selain itu, 5 persen lagi  pembangunan stasiun kereta api di Kualanamun
Kepala Project Implementation Unit (PIU) Kualanamu Joko Waskito mengatakan, secara keseluruhan, konstruksi Bandara Kualanamu sudah rampung, tinggal melakukan pembenahan saja alias finishing agar soft operation pada Juli atau Agustus mendatang dapat dilaksanakan. “Sebelum grand opening yang akan dilakukan pada September mendatang, setidaknya kita lakukan soft opening. Saat ini kita sedang mempersiapkan soft openingnya,” ujarnya.
Dikatakan Joko, adapun berbagai persiapan soft opening ini adalah sentuhan akhir. Mulai dari bangunan, landasan pacu atau runway, taxiway, Instrument Landing System (ILS), terminal barang atau cargo dan area pengisi bahan bakar pesawat sudah rampung dikerjakan. “Jadi yang sedang dikerjakan saat ini finishing terminal penumpang dan stasiun kereta api saja,” lanjutnya.
Seperti diketahui, agenda soft opening ini telah ditetapkan saat pejabat Kementrian Perhubungan meninjau Bandara Kualanamu. Direncanakan, pada Juli mendatang, seremoni secara kecil-kecilan ini akan dilakukan. “Perkiraan kita, air side dan land side bandara Kualanamu akan selesai 100 persen pada Juli mendatang. Sedangkan, tempat transit penumpang seperti hotel memang belum selesai dan saat ini sedang dalam proses pengerjaan,” tambahnya.
Soft opening ini untuk persiapan menjelang grand opening, sekaligus mulai memperkenalkan bandara Kualanamu ke masyarakat luas,  terutama bagi maskapai luar negeri agar bersedia membuka dan berinvestasi di Kualanamu.
“Tujuan dasar dari soft opening ini agar saat grand opening jadi maksimal. Karena pada saat itukan dibuka oleh presidan RI, Susilo Bambang Yudhoyono,” tutupnya. (ram)






Read more: http://www.hariansumutpos.com/2013/04/55662/juli-soft-opening-kualanamu#ixzz2RLbLdYso

No comments:

Post a Comment