Flag Counter

Thursday, October 18, 2012

Rel KA CAT-Kualanamu 80%

MedanBisnis – Medan. Pembangunan akses jalur kereta api (KA) Medan - Kualanamu dikebut. Demikian juga pembangunan City Airport Terminal (CAT), yang berfungsi sebagai City Check In di Stasiun Besar Kereta Api Medan. Pembangunan jalur rel dan CAT tersebut hingga saat ini sudah rampung 80%.
"Tidak ada masalah yang berarti, semuanya lancar saja. Pembangunannya terus kita kejar agar selesai tepat waktu.

Jika memungkinkan, sebelum waktu yang ditentukan, kita harapkan pengerjaan sudah selesai. Ya, terus kita kejar agar selesai secepatnya," kata Hu=-mas PT KAI Divre I Sumut-Aceh, Hasri kepada MedanBisnis, Minggu kemarin.

"Secara umum, pembangunannya sudah hampir rampung seluruhnya. Ya, sekitar 80% pembangunannya sudah selesai. Bisa dilihat sendiri pembangunanya, mulai dari CAT sampai pengerjaan pemasangan rel baru. CAT pun sudah hampir siap. Sejumlah sarana pendukung pun sudah ditata seperti kursi tunggu untuk penumpang," ujarnya.

Informasi yang dihimpun MedanBisnis, pembangunan CAT dan rel menuju Kualanamu ditargetkan selesai pada November 2012.

Dengan fasilitas tersebut diharapkan calon penumpang yang akan berangka ke bandara internasional baru di Kualanamu tidak akan terjebak macet. Hasri menjelaskan, jarak CAT ke Bandara Kualanamu sekitar 29 km.

Diperkirakan memakan waktu tempuh selama 20 sampai 30 menit. Jalur tersebut melewati dua stasiun kecil yakni di Bandar Kalifah dan Batang Kuis.

Total jalur baru yang saat ini sedang berlangsung, sepanjang 4,8 km. Biayanya Rp 10,7 miliar dan dikerjakan oleh PT Antaraksa asal Medan. Pelaksanaan pekerjaan sudah dimulai sejak 20 Maret 2012 lalu dan akan berlangsung selama 240 hari kerja.

 Untuk pembebasan lahan juga tidak ada masalah lagi, sebab lima rumah warga dengan total luas sekitar satu hektare di sekitar lokasi pembangunan sudah selesai pada tahun 2008 lalu.

Teknis operasional CAT nantinya, dijelaskan Hasri, calon penumpang pesawat dapat melakukan check in keberangkatan secara langsung di CAT. Di sana ada dua pos City Check In.

CAT sendiri dilaksanakan oleh PT Cipta Usaha Nusa Gede asal Bandung, pengerjaan telah dimulai 19 Maret 2012 lalu dengan 240 hari kerja dan selesai pada November 2012. Biayanya Rp 32,4 miliar.

Gerbong yang akan dioperasionalkan nantinya akan disediakan empat rangkaian. "Setiap satu set kereta api ada 240 seat. Setiap hari ada 16 kali perjalanan ke Kualanamu, pergi pulang, jarak keberangkatannya 30 menit," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment