Flag Counter

Thursday, October 18, 2012

2013, Fasilitas City Check In Bandara Kuala Namu Beroperasi

MEDAN - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan fasilitas City Check in Bandara Baru di Kuala Namu Sumatera Utara akan segera rampung dan dapat beroperasi pada Januari 2013 mendatang. Meski telah molor dari jadwal semula, namun PT KAI optimistis dengan selesainya 80 persen jalur kereta api dari Medan menuju Kuala Namu, target operasional itu dapat direalisasikan.

Humas PT KAI Divisi Regional Sumut Aceh Hasri di Medan, Selasa (16/10/2012) mengatakan, secara keseluruhan proses pembangunan rel dan terminal city check in di stasiun besar Medan telah rampung sekira 85 persen. Awalnya penyelesaian proyek ditargetkan pada November tahun ini, namun karena beberapa halangan, penyelesaiannya baru dapat dilakukan Januari 2013 mendatang.

"Memang sedikit molor, tapi kan sudah selesai sebelum bandara dioperasikan. Total anggarannya sekira Rp32,4 miliar. Di antaranya pembangunan jalur baru dari Deli Serdang menuju Kuala Namu sepanjang 4,8 kilometer (km) yang memakan anggaran sebesar Rp10,7 miliar, serta peningkatan kualitas rel dari Medan menuju Deli Serdang, serta pengadaan city check in dan armada kereta api. Semuanya kini berjalan lancar, tinggal finishing saja, seperti pemasangan lift dan eskalator, kalau perlengkapan semua sudah siap," jelasnya.

Hasri menyebutkan, dengan beroperasinya City Check ini, nantinya masyarakat hanya membutuhkan waktu paling lama 30 menit untuk sampai ke Bandara Kuala Namu, dengan melewati beberapa stasiun kecil di wilayah Medan dan Deli Serdang.

"Sebagian jalurnya memang jalur eksisting seperti Stasiun Pasar, Bandar Kalifah dan Batang Kuis, tapi kualitasnya sudah kita tingkatkan. Karena berdasarkan perencanaan, jalur tersebut terhitung yang paling singkat dan paling efisien. Diharapkan kehadiran city check ini membuat masyarakat tak lagi merasakan kemacetan di tengah kota jika hendak menuju bandara," tandasnya.

source: okezone.com

No comments:

Post a Comment