Flag Counter

Monday, December 12, 2011

Airasia Buka Rute Semarang

JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia AirAsia, maskapai lokal yang merupakan bagian dari keluarga besar maskapai penerbangan hemat biaya terbaik di dunia, AirAsia, Rabu (30/11/2011), mengumumkan pembukaan rute domestik baru, Jakarta-Semarang, dengan frekuensi penerbangan 2 kali per hari.

Rute baru ini akan mulai beroperasi tanggal 9 Maret 2012, dan penjualan kursi mulai dilakukan tanggal 1 Desember 2011. 

Dharmadi, Presiden Direktur Indonesia AirAsia, mengatakan, "Kami telah berhasil menerbangkan jumlah penumpang internasional terbanyak pada tahun 2010 dengan menguasai 41,09 persen pangsa pasar penumpang angkutan udara luar negeri. Sejak lama kami berkomitmen, apabila konektivitas internasional sudah berjalan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah kembali menggarap rute domestik."

Ditambahkan Dharmadi, dibukanya rute Jakarta-Semarang merupakan langkah awal untuk mewujudkan komitmen tersebut. Dalam jangka panjang, dia berharap dapat menghubungkan kota-kota utama maupun sekunder di Indonesia dengan destinasi-destinasi internasional yang tergabung dalam jaringan rute AirAsia.

Sebagai ibu kota provinsi, Semarang merupakan sebuah destinasi bisnis sekaligus wisata yang menarik. Sepanjang sejarahnya, Semarang dikenal sebagai kota pelabuhan komersial yang berpengaruh besar di Pulau Jawa. Persinggahan pedagang dari berbagai mancanegara, antara lain China, Melayu, Timur Tengah, dan Eropa, tidak saja menjadikan Semarang sebagai pusat bisnis yang strategis, tetapi juga kota wisata yang kaya akan budaya.

Rekam jejak peninggalan bangsa-bangsa asing masih jelas terlihat di penjuru kota Semarang, mulai dari eksotika budaya Tionghoa di Pecinan, Kampung Melayu, hingga kawasan kota lama yang merupakan peninggalan bangsa Eropa.

Tidak sekedar wisata sejarah, Semarang juga menawarkan wisata religi, wisata alam, dan wisata kuliner tradisional. Bagi pecinta wisata religi, terdapat Masjid Agung Jawa Besar, Masjid Raya Baitturahman, Kelenteng Sam Po Kong, Tay Kak Sie, Gereja Blenduk, dan Pagoda Buddhagaya Watugong.

Bagi Anda yang lebih menyukai wisata alam, Anda bisa menikmati keindahan alam pegunungan di kawasan wisata Umbul Sidomukti, wisata Goa Kreo, Danau Rawa Pening, Air Terjun Kali Pancur, dan tentunya Pulau Karimunjawa yang indah.

Perjalanan Anda ke Semarang tidaklah lengkap tanpa mencicipi kuliner tradisional yang menggoyang lidah, antara lain Soto Semarang, Ikan Bandeng Presto, Wedang Sekoteng, Wedang Ronde, dan tentunya Lumpia khas Semarang yang merupakan perpaduan seni kuliner Jawa-China.

"Keanekaragaman budaya di Semarang tercermin dalam berbagai aspek, termasuk dalam seni kulinernya. Akulturasi budaya tersebut justru menjadi salah satu aset utama Ibu Kota Jawa Tengah ini. Kami percaya  banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang tertarik untuk menikmati keunikan tersebut. Misi jangka panjang AirAsia Indonesia adalah menyediakan akses domestik maupun internasional menuju kota Semarang dengan tarif yang terjangkau," ujar Dharmadi.

Masuknya AirAsia ke Semarang juga didukung oleh aktivitas online di kota tersebut yang terus meningkat. Berdasarkan studi Yahoo! TNS Net Index 2011, Semarang menduduki posisi kelima dengan jangkauan internet mencapai 32 persen setelah Jabodetabek, Surabaya, Medan, dan Bandung.
Di samping itu, hasil riset menunjukkan bahwa konsumen Indonesia semakin meminati e-commerce, dan semakin percaya untuk melakukan pembelian secara online. "Hal ini merupakan potensi yang luar biasa bagi AirAsia Indonesia. Kami akan terus menghadirkan promo menarik online, sehingga diharapkan dapat mendorong masyarakat Semarang dan sekitarnya untuk bertransaksi melalui website kami," kata Audrey Progastama, Manajer Komunikasi IAA.

Untuk merayakan dibukanya rute baru ini, AirAsia Indonesia menawarkan harga istimewa yaitu mulai dari Rp 59.000 sekali jalan khusus bagi pemegang kartu AirAsia HSBC, dan mulai dari Rp 199.000 sekali jalan bagi seluruh penumpang.

Promo ini hanya bisa didapatkan melalui pemesanan online di www.airasia.com dan berlaku untuk periode pembelian mulai dari 1 Desember hingga 7 Desember 2011, dan periode perjalanan mulai dari tanggal 9 April 2012 hingga 27 Oktober 2012.

No comments:

Post a Comment