Flag Counter

Thursday, January 10, 2013

BANDARA KUALA NAMU: Angkasa Pura II Uji Coba Teknis Hari ini

MEDAN--Angkasa Pura II Medan tengah melakukan operasi bayangan untuk melakukan uji coba kelayakan teknis di Bandara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara hari ini (10/1/13) sebelum mulai dioperasikan pada Maret 2013.

Manajer Elektronok PT Angkasa Pura II Selamat Samiadi mengatakan uji coba yang dilakukan hari ini hanya untuk mengecek kesiapan sistem navigasi, radar, dan telekomunikasi sehingga tidak ada penerbangan atau pendaratan.

“Hari ini benar ada operasi bayangan uji coba teknik dan sistem navigasi di Kualanamu untuk dilihat mana yang belum sempurna dan harus disempurnakan serta apakah sinyal yang diterima pesawat sudah bersih,” ucapnya dihubungi Bisnis, Kamis (10/1).

Rencananya, setelah dilakukan operasi bayangan secara teknis, AP II juga akan melakukan  penerbangan pesawat kalibrasi untuk menguji landasan pendaratan, termasuk kelengkapan lampu, dan terminal bandara yang direncanakan Februari nanti.

“Sebelum operasi bandara banyak hal yang harus diuji coba sehingga semuanya sesuai track dan tidak ada masalah ketika sudah operasi penuh,” tuturnya.

Saat ini konstruksi Bandara Kualanamu masih sekitar 91% dan baru akan selesai 100% pada Maret mendatang, begitu pula dengan sarana pendukung seperti rel kereta api yang juga baru akan diselesaikan pada Maret.

Namun sayangnya, jalan tol Medan-Kualanamu baru akan diselesaikan pada 2014, sebab baru saja memulai tahap groundbreaking pada Desember lalu, tapi untuk jalan akses jalan nasional dua jalur telah diselesaikan.

Selain itu, rambu-rambu petunjuk menuju bandara Kualanamu pun saat ini masih belum lengkap. Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Sumut AKBP Enrico Silalahi meminta instansi terkait segera melengkapi rambu petunjuk lalu lintas menuju Kualanamu.



bisnis.com

No comments:

Post a Comment