Flag Counter

Saturday, December 3, 2011

Wings Air, Mandala, dan Royal Pacific Incar Terminal Tiga Bandara Soetta

TANGERANG -- Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta akan melayani penerbangan internasional pada Kamis, (17/11) mulai pukul 00.00. Sebelumnya Terminal 3 hanya melayani penerbangan domestik.

Pemberlakuan tersebut berdasarkan surat persetujuan dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara Nomor AU/12632/DBU2361/XI/2010 tertanggal 10 November 2011.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura II (Persero) RP Hari Cahyono mengatakan, "Berbagai fasilitas telah kami siapkan," saat ditemui Kamis (17/11).

Fasilitas yang tersedia, antara lain area parkir umum, check in area, meeting point, area komersial, ruang tunggu, area kedatangan, tempat pengambilan bagasi dan peralatan keselamatan dan keamanan. Tak lupa sarana bagi pelayanan kepabeanan, keimigrasian dan kekarantinaan (fasilitas kesehatan penumpang dan karantina hewan dan tumbuhan.

Hari menambahkan, saat ini hanya Maskapai Penerbangan Air Asia yang siap melayani penumpangnya di Terminal 3. Air Asia akan melayani 18 penerbangan internasional dan delapan penerbangan domestik perhari.

Katanya, sudah tiga perusahaan penerbangan yang telah menyatakan keinginan untuk beroperasi di Terminal 3. Ketiga perusahaan tersebut adalah Wings Air, Mandala Airlines dan Royal Pacific.

Dengan berpindahnya penerbangan internasional Air Asia dari Terminal 2D ke Terminal 3, maka beban Terminal 2 berkurang. Hal itu diharapkan dapat lebih memberikan kenyaman kepada penumpang di terminal tersebut.

Terminal 3 mempunyai kapasitas empat juta penumpang dan tingkat okupansi sekitar 820 ribu penumpang pertahun. Sedangkan, rata-rata penerbangan internasional Air Asia sekitar 4.215 orang perhari. Para penumpang juga disediakan shuttle bus antarterminal yang beroperasi mulai pukul 04.00.

No comments:

Post a Comment