Flag Counter

Tuesday, May 29, 2012

Kuartal I/2012 - Penumpang Lion Air Naik 10%

JAKARTA –PT Lion Mentari Airlines selama tiga bulan pertama tahun ini mencatat kenaikan jumlah penumpang baik domestik dan internasional sebanyak 800.000 orang atau meningkat 10% dibandingkan tahun lalu, menjadi 8 juta penumpang.

Peningkatan tersebut disebabkan oleh revitalisasi armada yang saat ini dilakukan oleh perusahaannya. “Dari delapan juta penumpang, mayoritas berasal dari penerbangan domestik yaitu 98% atau 7,840 juta penumpang, sedangkan sisanya berasal dari penerbangan internasional atau 160.000 penumpang,” papar Direktur Utama Lion Air Edward Sirait seusai menghadiri peresmian operasional Lion Air di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng,kemarin.

Kenaikan jumlah penumpang juga diperoleh dari penambahan frekuensi penerbangan pada rute domestik yang dilakukan perusahaan. Menurut Edward, rute penerbangan domestik yang paling gemuk adalah Jakarta-Medan. Rute ini memiliki frekuensi yang cukup banyak yaitu 20 kali penerbangan per hari. Edward mengatakan, cakupan penumpang (load factor) untuk rute Jakarta-Medan stabil di angka 82,5%.

Sedangkan,pada rute internasional Lion Air masih berkonsentrasi pada rute Jakarta-Singapura, Jakarta- Jeddah, dan Jakarta-Kuala Lumpur. Tahun lalu Lion Air mengangkut 24,97 juta penumpang domestik 2011 atau sekitar 41,59% dari total penumpang domestik nasional. Lion Air pada tahun ini akan menambah 12 Boeing 737-900 ER,total armada yang dioperasikannya perusahaan sampai saat ini berjumlah 87 pesawat.

Pesawat yang dioperasikan Lion Air di antaranya Boeing 737-300 dua unit, Boeing 737- 400 sepuluh unit, Boeing 747- 400 dua unit, sedangkan sisanya Boeing 737-900 ER. Lion Air juga memindahkan destinasi keberangkatan dan kedatangan untuk rute penerbangan Jakarta-Denpasar dari terminal IA Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Terminal III. Perpindahan itu secara resmi akan dimulai pada Rabu (30/5) mendatang, di mana maskapai berlogo singa itu akan mendapat enam gerai (counter) pendaftaran penumpang,yakni counter 15 hingga 20.

Edward mengatakan,perseroan akan melayani 13 frekuensi penerbangan Jakarta-Denpasar dengan menggunakan tiga unit pesawat.“Investasi untuk perpindahan destinasi rute Jakarta-Denpasar ini sekitar Rp5 miliar. Dananya untuk pengadaan infrastruktur dan kantor Lion Air di terminal III,” ujarnya.

Untuk rute Jakarta-Denpasar di Terminal III, tambah Edward, Lion menargetkan jumlah sebanyak 2.600 penumpang per hari. Lion Air juga tengah mengusahakan mendapat izin untuk tiga rute tambahan di Terminal III, yakni rute penerbangan Jakarta- Yogyakarta, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Lombok.

Sementara itu, General Manager Terminal III Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura Sugeng Hariadi memproyeksi Lion Air akan menambah kapasitas sebanyak 1,8 juta penumpang di Terminal II Bandara Internasional Soekarno- Hatta. Hal itu akan memenuhi daya tampung mencapai 4 juta.

source: http://www.seputar-indonesia.com 

No comments:

Post a Comment