Flag Counter

Tuesday, May 21, 2013

Garuda Tetap Pesan 10 B-777-300

Jakarta – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang merupakan salah satu maskapai berpelayanan full service di Indonesia, tidak mengurungkan niatnya untuk memesan pesawat Boeing 777-300 Extended Range (ER).  Walaupun pesawat jenis tersebut mengamami sejumlah permasalahan.

Vice President Corporate Communications Garuda, Pujobroto, menuturkan bahwa pihaknya sudah mengetahui kalau pesawat sejenis yang dipesannya mengalami permasalahan yakni di maskapai Air China dimana salah satu mesin pesawat tiba-tiba mati. “Dan memang ada pemberitahuan dari pihak Boeing dan General Electric menyangkut engine-nya atau istilahnya service bulletin atau pemberitahuan kepada customer-nya yang memesan 777. Akan tetapi punya kami baru akan delivered pada akhir Juni,” ungkap Pujo di Jakarta, baru-baru ini.

Sehingga, lanjut Pujo, pesawat yang dipesannya sekarang masih berada di pabrik Boeing dan sedang dilakukan pengecekan serta pemeriksaan terkait bagian-bagian yang dinyatakan bermasalah tersebut. “Kita tentu tidak akan menerima sampai hal yang menjadi concern itu sudah diperiksa dan diselesaikan. Akan tetapi apakah kami akan membatalkan?, itu kan hal yang masih dicek jadi kita lihat perkembangannya,” jawab Pujo.

Sejauh ini, Pujo berharap tidak akan ada masalah terhadap pemesanan pesawatnya tersebut dan ia berujar bahwa pihaknya tidak akan menerima sebelum hal yang menjadi masalah terselesaikan.

Seperti yang sudah diketahui, maskapai pelat merah ini memesan 10 unit Boeing tipe 777-300 ER dengan masa pengiriman hingga 2015. Pada Juni mendatang, dua unit pesawatnya direncanakan akan tiba, diikuti dua unit lagi pada November mendatang. “Tahun ini ada empat yang akan datang, enam lagi akan datang hingga 2015,” imbuhnya.

Dua unit yang akan datang pada Juni akan dipakai Garuda untuk rute penerbangan ke Jeddah untuk keperluan haji. Rencananya, pesawat yang berkapasitas sekitar 314 penumpang, akan dioperasikan Garuda dengan pelayanan first class.

Boeing 777 adalah pesawat angkut besar untuk menempuh rute jarak jauh. Pesawat ini bisa mengangkut 300 - 550 penumpang dengan jarak 5.235 - 9.380 nautical miles atau sekitar 9.695 - 17.370 kilometer.


 http://www.beritasatu.com/nasional/115093-garuda-tetap-pesan-10-b777300.html#

No comments:

Post a Comment