Flag Counter

Tuesday, May 21, 2013

Pesawat Malaysia Airlines Nyaris Mendarat di Bandara Kuala Namu

I-INEWS, MEDAN – Bandara Kuala Namu belum dioperasikan karena masih dalam tahap pembenahan akhir.
Namun, sebuah pesawat maskapai Malaysia Airlines (MAS) nyaris menjadi pesawat yang mendarat pertama sekali di bandara itu.
Hal itu bermula dari ‘nyasar’nya pesawat itu yang semestinya mendarat di Bandara Polonia. Kejadian itu terjadi pada Sabtu (18/5) pukul 15.30 WIB. Pesawat tersebut berangkat dari Kuala Lumpur dengan tujuan Bandara Polonia, Medan.
Ketika menyadari salah bandara, pesawat itu urung mendarat dan berbalik ke Polonia.
Belum diketahui penyebab persis nyasarnya pesawat tersebut. Namun, dugaan sementara karena mulai berfungsinya radar bandara Kuala Namu dan terbaca sebagai Bandara Polonia.
Kepala Otoritas Bandara Udara Wilayah II Abdul Hani membenarkan kejadian tersebut. Namun, dia juga tidak bisa memastikan penyebab nyasarnya pesawat itu.
Dia mengatakan, pesawat MAS tersebut tidak sempat mendarat melainkan hanya sempat melakukan approach pendaratan. Begitu menyadari bandara yang dituju salah, pesawat naik lagi dan melapor ke Air Traffic Control (ATC) Bandara Polonia dan kembali ke Polonia.
“Kemungkinan terjadinya kesalahan itu karena antara Kuala Namu dan Polonia berada dalam satu jalur dan koordinatnya hampir sama. Selain itu jaraknya hanya sekitar 5 nautical mile dengan status radar keduanya sama-sama aktif. Tapi apapun itu, saya tidak mau berspekulasi,” jelas dia.,
Pada saat kejadian, para pekerja sempat terkejut karena tiba-tiba mendengar deru suara mesin pesawat.
Namun, dari informasi yang beredar, pesawat MAS bukanlah pesawat pertama. Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai juga telah melakukan ‘kesalahan’ serupa. 


http://indonesiainfrastructurenews.com/index.php/opini/5175-pesawat-malaysia-airlines-nyaris-mendarat-di-bandara-kuala-namu 

No comments:

Post a Comment