Flag Counter

Wednesday, November 28, 2012

Tol Kualanamu -Tebingtinggi Rampung Akhir 2013

MedanBisnis – Tebingtinggi. Pembangunan jalan tol Bandara Kualanamu-Tebingtinggi diperkirakan selesai akhir 2013. Tol Kualanamu-Tebingtinggi akan menjadi akses lain menuju Bandara Kualanamu selain jalur transportasi kereta api.
"Pembangunannya bakal terealisasi, diperkirakan pembangunan kontruksinya dimulai tahun depan setelah pembebasan lahan tuntas," kata Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan. kepada wartawan, Rabu (21/11).

Dikatakannya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah menganggarkan dana pembangunan ruas tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi sebesar US$ 137 juta bersumber dari Loan Agreement China.

Menurutnya, pembangunan ruas tol Medan-Kualanamu sepanjang 17,8 kilometer secara hukum sudah mulai dibangun sejak tanggal 7 November 2012 oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dan Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho melakukan ground breaking secara simbolis dengan menekan sirene, di Desa Penara, Kecamatan Batang Kuis, Sumatera Utara.

"Dalam pembangunan jalur bebas hambatan tersebut, diharapkan pula dapat membuat pusat pertumbuhan baru di sepanjang jalur itu. Tidak juga menutup kemungkinan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Tebingtinggi," jelasnya.

Dijelaskannya, letak geografis Kota Tebingtinggi yang merupakan titik pertemuan jalur lintas timur dan lintas barat sangat diuntungkan dengan keberadaannya sebagai pintu gerbang menuju Bandara Kualanamu. Menurutnya, potensi Kota Tebingtinggi termasuk kota transit yang terletak di segitiga emas. Sebab, katanya, semua yang hendak menuju Medan, Aceh, Pematangsiantar dan Jakarta harus terlebih dahulu memasuki Kota Tebingtinggi.

"Kami meminta dukungan dan doa dari segenap masyarakat Kota Tebingtinggi untuk memperjuangkan pembangunan tol Kualanamu-Tebingtinggi. Dengan dibangunnya jalan tol tersebut, maka Kota Tebingtinggi akan menjadi daerah sentral dalam menunjang peningkatan perekonomian lainnya," harapnya.

Anggota DPRD Kota Tebingtinggi Ir Pahala Sitorus menyebutkan, dengan adanya jalan tol tersebut akan menguntungkan bagi masyarakat Tebingtinggi. "Dengan adanya pembangunan jalan tol serta Kota Tebingtinggi dijadikan pintu gerbang menuju Bandara Kualanamu, maka kota ini akan menjadi persinggahan bagi para pelintas jalan dengan menginap atau berbelanja di Tebingtinggi, maka pedagang dan pengusaha bisa lebih bersaing," ujar politisi Golkar ini.
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/11/23/125856/tol_kualanamu_-tebingtinggi_rampung_akhir_2013/#.ULYJziK1tiF

No comments:

Post a Comment