Flag Counter

Thursday, April 11, 2013

Batik Air Terbang Perdana Akhir Bulan Ini

TEMPO.CO, Jakarta - Maskapai Batik Air, anak usaha PT Lion Mentari Airlines (Lion Air), akan beroperasi pada 26 April 2013. "Rutenya Jakarta-Manado, dua kali sehari," ujar Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, di sela-sela rapat dengar pendapat Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa, 9 April 2013.

Seperti induknya, Batik Air akan beroperasi dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER. Dalam setiap penerbangan, maskapai baru ini menyediakan layanan full service dengan 160 kursi ekonomi dan 12 kursi bisnis.

Edward menjelaskan, perusahaan akan mendatangkan enam Boeing 737-900 ER untuk Batik Air. Hingga saat ini, kata dia, tidak ada target spesifik untuk jumlah penumpang yang diangkut maskapai penerbangan itu. "Target kami bukan jumlah, melainkan jangan rugi," ujarnya.

Edward pun berharap maskapai baru itu nantinya dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Namun, ia menolak menyebutkan rute-rute lain yang dibidik Batik Air. Yang terpenting, perseroan berharap tingkat keterisian penumpang atau load factor Batik Air dapat mencapai 100 persen.

Kementerian Perhubungan menyatakan Batik Air telah siap beroperasi. "Izin rute dan air operator certificate (AOC) sedang kami proses," kata Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo. Sebelum beroperasi, kata dia, Batik Air harus melakukan uji terbang (demo flight).

No comments:

Post a Comment