Flag Counter

Tuesday, October 16, 2012

Sriwijaya Air Salah Mendarat di Padang, Angkasa Pura: ATC Tak Salah

Jakarta Pesawat Sriwijaya Air salah salah mendarat di Bandara Tabing Padang, Sumatera Barat (Sumbar), padahal seharusnya tujuannya ke Bandara International Minangkabau. Pihak Angkasa Pura II memastikan tidak ditemukan adanya kekeliruan dari (Air Traffic Center) ATC.

"Tidak ada kesalahan apa-apa. Komunikasi lancar, cuaca normal, navigasi pendaratan normal semuanya. Jadi ATC nggak ada yang salah. Kemungkinan pilotnya kurang hati-hati," ujar General Manager Angkasa Pura II, Agus Kemal, saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/10/2012).

Agus mengatakan pada saat peristiwa salah mendarat kemungkinan faktor kesalahan tertuju pada kedua pilot asing tersebut. "Mungkin Pilotnya dua-duanya orang asing, kurang familiar dengan kondisi lapangan, kemungkinan juga jarak yang dekat Bandara Tabing dengan Bandara Minangkabau," ungkapnya.

Berdasarkan penelusuran dari wikipedia, jarak kedua bandara ini memang terbilang cukup dekat, diperkirakan mencapai 14 Km. Bandar Udara Tabing jaraknya 9 Km dari pusat kota. Sedangkan Bandar Udara Minangkabau berjarak 23 Km dari pusat kota.

Agus pun memastikan tidak ada korban jiwa dari para penumpang Sriwijaya Air. Hingga kini pesawat masih di Bandara Tabing, Sumatera Barat guna penyidikan lebih lanjut.

"Makanya sedang dilakukan penahanan di sana," pungkasnya.

Sebelumnya, sebuah pesawat milik maskapai Sriwijaya Air salah mendarat di Bandara Tabing Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sekitar pukul 17.00 WIB. Pesawat yang terbang dari Medan menuju Padang itu semestinya mendarat di Bandara International Minangkabau (BIM).
(ndu/mok)

source: detik.com

No comments:

Post a Comment