Flag Counter

Sunday, January 20, 2013

Kereta Bandara Kualanamu Siap Beroperasi April

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN -- Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, melakukan peninjauan sejumlah perlintasan kereta api di inti kota Medan. Peninjauan ini bertujuan untuk melihat kesiapan ruas jalan, menjelang dioperasikannya Kereta Api yang terintegrasi menuju Bandara Kualanamu Deliserdang April mendatang.
Menurut Rahudman, saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengupayakan pembangunan alternatif untuk mengatasi kemacetan diantaranya pembangunan fly over (jalan layang) atau underpass (jalan di bawah).
“Sekarang surat ke Menteri PU dan Wakil Presiden kan sudah kita kirim seminggu lalu. Sekarang kita masih menunggu dari sana. Kita siap jika pusat meminta ekspos. Saat ini untuk sementara kita lakukan pelandaian jalan di perlintasan kereta api dan itu sedang kita kerjakan. Sehingga, setiap kendaraan yang melintasi bisa lebih cepat ketika melewati rel,” katanya, saat meninjau perlintasan rel Kereta Api di Jalan Mahkamah, Kamis (17/1/2012).
Dalam peninjauan, Rahudman menyisir, peninjauan seperti di perlintasan Jalan Palang Merah, Jalan Mahkamah, Sisingamangaraja dan Jalan HM Yamin ada tiga hal yang akan ditempuh Pemko Medan. Untuk perlintasan di Jalan Palang Merah nantinya akan dilakukan perataan jalan di kiri dan kanan sepuluh meter, selain itu rel lama akan ditutup sehingga dapat mengantisipasi kemacetan.
Sedangkan di Jalan Mahkamah, Pemko Medan akan berencana membangun under pass karena conter jalan termasuk tinggi sehingga memungkinkan dibangun under pass. “Nanti akan kita kaji lagi, kalau di Jalan SM Raja kita buat Fly Over tentunya akan merusak tata kota, tapi kalau kita bangun under pass mungkin lebih baik, sehingga Jalan di depan kantor PDAM Tirtanadi ini bisa sebagai jalan memutar,” jelas Rahudman.

No comments:

Post a Comment