Flag Counter

Saturday, December 8, 2012

UNDERPASS DI BAWAH REL KA SEGERA DIBANGUN

Pemerintah Kota (Pemko) Medan segera membangun underpass di perlintasan kereta api sebagai upaya untuk mengantisipasi kemacetan bila nanti kereta api ke Bandara Kuala Namu beroperasi.

Pembangunan itu ditargetkan akan selesai selama enam bulan. “Kalau nanti kereta api (tujuan Bandara Kuala Namu) sudah lewat secara rutin setiap setengah jam, tentu jalan yang menjadi perlintasan kereta api akan gawat.Jadi,harus ada underpass. Saat ini Detail Enginering Design (DED)-nya sudah siap kami tawarkan dan sudah dikerjakan oleh Balai Besar Jalan Wilayah Sumatera I,” ujar Wali Kota Medan Rahudman Harahap di Medan, akhir pekan lalu.

Untuk jalan perlintasan kereta api yang berada di dalam kota akan dikerjakan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, tapi untuk jalan lainnya akan diusulkan ke Pemerintah Pusat juga ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut).“Kan tidak mungkin dana pemko cukup untuk mengampung itu semua, makanya nanti akan kita usulkan menggunakan anggaran APBN dan APBD Sumut,”imbuhnya.

Dengan adanya underpass nantinya, maka tidak akan menghambat warga Medan dalam beraktivitas. Sebab, dengan intensitas jalur kereta api yang tinggi dipastikan akan berdampak terhadap kemacetan lalu lintas di Medan, sehingga underpass ini menjadi solusi yang harus segera dilakukan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Medan Gunawan Lubis mengatakan, untuk tahap awal pembangunan underpass ini dianggarkan senilai Rp200 juta dan pengerjaannya akan dimulai tahun ini.

“Pengerjaannya akan kita mulai tahun ini, sekarang kan DED-nya sudah selesai untuk perencanaan. Untuk sky bridgedan lapangan parkir juga sudah dilakukan pengerjaannya, dan itu segera akan kita bangun,”katanya. Underpass yang akan dibangun itu akan melintasi jalan- jalan yang dilalui kereta api dimulai dari Jalan Palang Merah, Pandu, Sutomo, Sisingamangaraja, Thamrin dan Mandala By Pass. Pembangunan underpassini akan meminimalisir kemacetan di Kota Medan.Tentunya setiap perlintasan kereta api tidak akan lagi terhalang dan lalu lintas di Medan tidak macet.

Untuk pengerjaan underpass ini akan dilakukan secara simultan. Untuk jalan nasional, anggarannya akan diusulkan ke Kementerian PU, dan untuk jalan provinsi ke Pemprov Sumut.


http://www.pemkomedan.go.id/news_detail.php?id=13559 

No comments:

Post a Comment