Flag Counter

Monday, December 26, 2011

Dua Pendaratan Darurat dalam Dua Hari


KARACHI, KOMPAS.com - Dua insiden pendaratan darurat pesawat penumpang komersial terjadi dalam dua hari berturut-turut di Moskwa, Rusia, Sabtu (24/12/2011), dan di Karachi, Pakistan, Minggu (25/12/2011). Tak ada korban jiwa maupun luka dalam dua insiden tersebut.

Insiden pertama melibatkan pesawat penumpang Boeing 747-400 milik maskapai penerbangan Cathay Pacific. Menurut pernyataan resmi maskapai tersebut, sekitar empat jam dan 10 menit setelah pesawat tinggal landas dari London, Inggris, Jumat malam, pilot mendeteksi asap di dalam kokpit.

"Kapten pilot memutuskan mengalihkan penerbangan ke Moskwa karena mendeteksi asap di dalam kabin," demikian pernyataan Cathay Pacific. Pesawat dengan tujuan Hong Kong itu membawa 197 penumpang dan 21 awak.

Ini adalah insiden kedua munculnya asap dalam kabin di pesawat Cathay Pacific, setelah awal bulan ini sebuah pesawat lain mengalami hal yang sama dan membatalkan proses tinggal landas di Bandara Internasional Pudong, Shanghai, China.

Tanpa roda
Insiden kedua terjadi hari Minggu, setelah sebuah pesawat MD-83 milik perusahan carter dari Arab Saudi melakukan pendaratan tanpa roda (belly landing) di Bandara Karachi, Pakistan. Pesawat yang berisi 72 orang itu terbang dari kota Tabuk, bagian utara Arab Saudi, menuju Quetta di Pakistan.
Di tengah jalan, pilot mengetahui salah satu roda depan pesawat macet. Pilot pun memutuskan berbelok ke Pakistan dan mendaratkan pesawat tanpa roda. Juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan Perves George mengatakan, seluruh penumpang dan awak selamat dalam insiden itu.

No comments:

Post a Comment